Read more: http://blogkomputer12.blogspot.com/2012/06/cara-membuat-teks-berjalan-di-title-bar.html#ixzz27VHgdOSz

Saturday, May 5, 2012

Sombong dan Percaya Diri

Bedanya Orang Sombong dengan Orang Percaya Diri
Di dalam kehidupan ini pasti ada saja orang yang suka membanggakan tentang dirinya, atau yang biasa kita sebut dengan orang sombong. Banyak sekali alasan yang menyebabkan kenapa mereka bisa menjadi orang sombong, mulai dari sekedar lingkungan sosialnya, pola pikirnya, bahkan hanya karena orang itu memiliki suatu kelebihan yang tidak dimiliki oleh orang lain lantas orang itu menganggap dirinya sebagai orang yang lebih daripada orang lain.

Mungkin kita pernah bertemu dengan seseorang yang memiliki sifat yang ‘meninggikan harga dirinya’ dan kita mengira dia sedang menyombongkan tentang dirinya, eiiits… jangan salah sangka dulu, belum tentu orang itu adalah orang sombong. Dalam karakter seseorang terdapat suatu kebalikan dari sifat orang sombong, yaitu sifat sebagai orang percaya diri!
Antara orang sombong dengan orang yang percaya diri itu sangat berbeda loh, bahkan bisa dibilang orang percaya diri itu merupakan kebalikan dari orang sombong. Kenapa bisa seperti itu? Mau tahu apa saja perbedaan orang sombong dengan orang percaya diri? Berikut ini adalah beberapa perbedaan itu:
  • Orang sombong biasanya akan menganggap kalau diriny itu lebih tinggi daripada orang lain, lebih tinggi di sini maksudnya adalah mungkin dia merasa lebih hebat daripada orang lain. Dan sedangkan orang percaya diri biasanya akan lebih percaya bahwa dirinya juga memiliki suatu keunikan atau talenta sebagaimana yang telah dianugerahkan Tuhan kepada dirinya.
  • Seperti karakter orang sombong pada umumnya, biasanya dia merasa lebih tahu apa yang paling baik untuk orang lain. Tetapi kalau orang yang percaya diri biasanya dia akan selalu terbuka terhadap pendapat orang lain.
  • Karena sifatnya sebagai orang yang merasa lebih, jadi biasanya orang yang bersifat sombong akan menganggap orang lain sebagai saingan. Sangat berbeda dengan orang yang merasa percaya diri, orang lain merupakan pendukung kesuksesannya.
  • Karena sifatnya yang angkuh, biasanya orang sombong tidak akan mudah mengakui kesalahan yang telah dia buat. Sedangkan bagi mereka yang merasa percaya diri, kalau pun mereka berbuat salah maka mereka tidak akan segan untuk mengakui kesalahannya.
  • Hanya karena merasa selalu benar, orang yang berkarakter sombong biasanya justru merasa senang jika orang lain melakukan kesalahan. Kalau orang yang percaya diri justru sebaliknya, dia akan membantu orang lain untuk menghadapi kesalahan yang telah dibuat.
  • Sebagai orang yang sangat suka untuk membanggakan dirinya sendiri, tentu saja orang sombong akan sangat peduli terhadap pendapat orang lain mengenai dirinya. Tapi kalau orang percaya diri tentu saja tidak akan seperti itu, dia justru tidak begitu memperdulikan apa kata orang lain mengenai dirinya.
  • Mungkin ini adalah salah satu yang paling menonjol dari ciri-ciri seorang yang sombong, yaitu hobinya koar-koar tentang dirinya sendiri. Sebagai orang yang percaya diri biasanya dia akan lebih memilih untuk diam.
Mungkin sebenarnya masih ada banyak sekali perbedaan antara orang sombong dengan orang percaya diri, tapi mungkin itu adalah beberapa yang paling umum kita lihat di lingkungan kita sehari-hari. Lalu seperti apakah sifat Anda sekarang? Apakah mencerminkan sebagai orang yang sombong ataukah sebagai orang yang percaya diri? Jangan sampai masa depan kita dirusak oleh sifat kesombongan ya :)

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...