Read more: http://blogkomputer12.blogspot.com/2012/06/cara-membuat-teks-berjalan-di-title-bar.html#ixzz27VHgdOSz

Thursday, November 29, 2012

Waktu-waktu Emas Dalam Fotografi




Ya! setelah bingung mau membahas apa disini pertama-pertama akhirnya gw menemukan topik menarik yang bisa gw letakkan disini.


Sesuai judul diatas " Waktu-waktu Emas Dalam Fotografi " mungkin bagi para pemula akan bertanya-tanya memangnya ada ya waktu-waktu tertentu kalau kita mau mengambil gambar yang bagus saat pemotretan?, ya pastinya adalah! pada jam berapa saja waktu pemotretan itu ? dan jawabannya adalah antara jam 06:00 pagi sampai jam 09:00 pagi dan pada jam 03:00 sore sampai jam 06:00 inilah waktu-waktu itu.


Kalau ada pertanyaan berikutnya ada apa sama waktu-waktu itu?, kenapa pada jam-jam tersebut terkesan sakral buat mengambil foto?, satu hal yang pasti gw tau selama ini gw belajar foto ya guy's pada jam-jam itu kekuatan pencahayaan pada matahari tidak terlalu kuat dan lw nggk bakalan tau apa yang bakal terjadi sama hasil karya lw sendiri, sekalipun lw foto dengan tidak sengaja atau bahkan benar-benar membuat sesi foto secara serius.


lalu kenapa dengan jam-jam yang lain? mungkin itu yang muncul kembali di otak kalian, jawabannya sederhana teman, pada setelah jam 09:00 pagi sampai sebelum jam 03:00 sore matahari akan sangat terik ya terkecuali saat itu berawan atau bahkan mendung ya guy's bayangan kita akan sangat gelap dan terlihat sekali perbedaannya dengan yang terkena matahari dan yang tidak, dan kalau kalian memakai model orang pada saat itu maka untuk beberapa orang pada jam segitu akan sangat tidak nyaman karena teriknya dan kuatnya matahari, dan kalau pada setelah jam 06:00 sore sampai sebelum 06:00 pagi sudah pasti itu jam yang tidak ketersediannya cahaya matahari yang akan menjadi masalah baru buat kalian yang mungkin tidak tersedianya peralatan pembantu lain, seperti misalnya tripod, lampu-lampu bantuan dan sebagainya.


Dan yang gw tangkep dari web wikipedia ini bahwa beberapa fotografer yang sudah mempunyai jam terbang cukup, mereka menganggap jam-jam emas itu seperti waktu magis buat pengambilan foto, dan pada jam-jam itu dibeberapa bagian negara sangat menguntungkan buat pengambilan foto, ya seperti yang udah gw bahas diatas cahaya matahari tidak terlalu kuat dimana akan menciptakan bayangan yang cukup gelap sehingga kita perlu mengakali bayangan-bayangan itu agar tidak terlalu mengganggu pada wajah subyek atau badan atau tempat-tempat yang ingin kita jadikan gambar pada karya foto kita.


Juga bagi para fotografer landscape jam-jam emas ini akan sangat menguntungkan sekali, karena cahaya matahari akan cenderung kemerah-merahan juga langit akan berwarna biru lembut pada sepanjang garis cakrawala, memang kok waktu pemotretan terkesan dibatasi, tapi menurut gw justru itu tantangannya dan satuhal kawan gw besyukur sama Tuhan ada cahaya yang menggantung dilangit dimana pada jam-jam tertentu dia akan sangat lembut dan terlihat sederhana dan memberikan kita peluang untuk memotretnya, dan pada saat jam-jam itu satuhal yang bakal kalian yakini bahwa foto kalian tidak akan berkelebihan cahaya yang kuat, karena kateristik film atau sensor kamera digital yang kalian pegang saat ini akan seperti memaklumi jam-jam emas itu.

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...