Prinsip yang harus diperhatikan dalam Pengembangan kurikulum
PRINSIP-PRINSIP YANG DIANUT DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM
Ada sejumlah prinsip yang harus diperhatikan dalam pengembangan kurikulum; di antaranya adalah sebagai berikut :
a. Berorientasi pada tujuan, kurikulum dekembangkan untuk mencapai tujuan-tujuan yang telah dirumuskan secara jelas.
b. Kontinuitas, kurikulum pada berbagai tingkatan kelas dan jenjang pendidikan disusun secara berkesinambungan.
c. Fleksibilitas, kurikulum juga berisi program yang memberi kesempatan bagi siswa untuk mengambil program-program pilihan.
d. Kurikulum hendaknya memperhatikan hubungan berbagai program pendidikan dalam rangka pembentukan kepribadian yang terpadu.
TINGKATAN DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM
a. Pengembangan tingkatan institusional
Meliputi kegiatan pengembangan tujuan-tujuan institusional dan struktur program. Yang dimaksud dengan pengembangan tujuan institusional adalah pengembangan tujuan lembaga pendidikan yang bersangkutan.
b. Pengembangan tingkatan bidang studi / mata pelajaran
Setelah bidang-bidang studi di tentukan langkah selanjutnya ialah mengembangkan GBPP,dengan menempuh langkah sebagai berikut:
1) Menetapkan tujuan-tujun kurikuler dan tujuan intruksional umumtiap bidang studi
2) Mengidentifikasi topik-topik /pokok bahasan yang diperkirakandapat dijadikan sebagai bahan untuk dipelajari oleh murid agar mencapai tujuan yang telah dirumuskan
3) Memilih topik-topik yang paling relevan, fungsional,efektif dan kemperhensif bagi pencapaian tujuan yang telah din identifikasikan
4) Memetapkan metode dan sumber belajar untuk tiap kelompok pokok bahasan
c. Pengembangan tingkat operasional / kelas
Uraian tentang pengembangan tingkat operasional ini lebih di tekankan pada usaha guru dalam mengembangkan lebih lanjut GBPP. Pengembangan kurikulum pada tingkat pembelajaran yang spesifik merupakan kegiatan guru yang bersifat rutin.
Ada sejumlah prinsip yang harus diperhatikan dalam pengembangan kurikulum; di antaranya adalah sebagai berikut :
a. Berorientasi pada tujuan, kurikulum dekembangkan untuk mencapai tujuan-tujuan yang telah dirumuskan secara jelas.
b. Kontinuitas, kurikulum pada berbagai tingkatan kelas dan jenjang pendidikan disusun secara berkesinambungan.
c. Fleksibilitas, kurikulum juga berisi program yang memberi kesempatan bagi siswa untuk mengambil program-program pilihan.
d. Kurikulum hendaknya memperhatikan hubungan berbagai program pendidikan dalam rangka pembentukan kepribadian yang terpadu.
TINGKATAN DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM
a. Pengembangan tingkatan institusional
Meliputi kegiatan pengembangan tujuan-tujuan institusional dan struktur program. Yang dimaksud dengan pengembangan tujuan institusional adalah pengembangan tujuan lembaga pendidikan yang bersangkutan.
b. Pengembangan tingkatan bidang studi / mata pelajaran
Setelah bidang-bidang studi di tentukan langkah selanjutnya ialah mengembangkan GBPP,dengan menempuh langkah sebagai berikut:
1) Menetapkan tujuan-tujun kurikuler dan tujuan intruksional umumtiap bidang studi
2) Mengidentifikasi topik-topik /pokok bahasan yang diperkirakandapat dijadikan sebagai bahan untuk dipelajari oleh murid agar mencapai tujuan yang telah dirumuskan
3) Memilih topik-topik yang paling relevan, fungsional,efektif dan kemperhensif bagi pencapaian tujuan yang telah din identifikasikan
4) Memetapkan metode dan sumber belajar untuk tiap kelompok pokok bahasan
c. Pengembangan tingkat operasional / kelas
Uraian tentang pengembangan tingkat operasional ini lebih di tekankan pada usaha guru dalam mengembangkan lebih lanjut GBPP. Pengembangan kurikulum pada tingkat pembelajaran yang spesifik merupakan kegiatan guru yang bersifat rutin.
0 comments: